Minggu, 02 April 2017

Engine Fuel System

Hallo Semuanya !!!!!
Engine Fuel System
  
Fungsi dari fuel system secara garis besar berhubungan dengan aspek penyimpanan dan pendistribusian bahan bakar untuk engine dan APU. Sistem ini terdiri dari tangki utama yang ada sebanyak 3 biji, saluran-saluran, sambungan-sambungan beserta komponen-komponen lain yang terkait. Secara lebih rinci sistem ini dibagi menjadi sistem penyimpanan, sistem pembakaran, sistem pendistribusian, dan terakhir sistem indikasi.
fuel-system-pesawat
Sistem bahan bakar pesawat terbang memungkinkan kru pesawat terbang untuk memompa, mengelola dan menyalurkan bahan bakar ke sistem propulsi pesawat terbang. Sistem bahan bakar pesawat sangat berbeda-beda karena kinerja dari pesawat yang berbeda di mana mereka diinstal. Sebuah pesawat bermesin piston tunggal memiliki sistem bahan bakar yang sederhana. Pesawat tanker (seperti KC-135), selain mengelola bahan bakar sendiri, juga dapat memberikan bahan bakar untuk pesawat lain.
Fuel system B737-300 04.svg
Bahan bakar disalurkan melalui saluran bahan bakar ke katup kontrol bahan bakar (biasanya dikenal sebagai pemilih bahan bakar). Katup ini melayani beberapa fungsi. Fungsi pertama adalah untuk bertindak sebagai shut-off valve bahan bakar. Hal ini diperlukan untuk mengamankan dan mempersiapkan kru dengan sarana khusus untuk mencegah bahan bakar mencapai mesin dalam kasus kebakaran mesin. Fungsi kedua adalah untuk memungkinkan pilot untuk memilih tank feed pengisian mesin. Banyak pesawat memiliki tangki pilihan tangki kiri dan kanan yang tersedia untuk pilot. Beberapa pesawat Cessna hanya menggunakan dari kedua tangki, dan memiliki banyak pilihan untuk menggunakan dari kiri, kanan, atau tangki keduanya. Alasan untuk meninggalkan saja adalah satunya pilihan untuk memungkinkan pilot untuk menyeimbangkan beban bahan bakar untuk mengurangi momen kemiringan. Di beberapa pesawat, fungsi menutup-off adalah katup yang berbeda yang terletak setelah katup pemilih bahan bakar.
Setelah pemilih katup biasanya ada filter-gascolator bahan bakar yang dapat dikeringkan. Poin lainnya adalah drainase di setiap tangki (sering lebih dari satu per tangki) dan pada pompa injeksi.
Setiap tangki vented memungkinkan udara ke dalam tangki untuk mengambil tempat bahan bakar. Sebuah ventilasi juga memungkinkan untuk perubahan tekanan atmosfer dan suhu.

Komponen-komponen Fuel System pada Pesawat

1.    
Fuel panel
2.    Fuel Booster Pump
3.   Check Valve
4.    Fuel Filter
5.    Bypass Valve
6.    Crossfeed Valve
7.     Fuel Heat Exchanger
8.     FCU (Fuel Control Unit) / MEC (Main Engine Control)
9.     Fuel Nozzle Spray



 Fuel Booster Pump

Fuel Booster Pump adalah salah satu komponen/objek yang pokok dalam setiapproses pemindahan fluida untuk disalurkan ke komponen lainnya.

Booster pump berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar dalam keadaanbertekanan positif sehingga bahan bakar yang akan disalurkan menuju mesinmempunyai tekanan dan laju aliran yang stabil atau teratur. Maka bisa disimpulkan bahwa booster pump mempunyai peranan yang sangat penting untuk kinerja mesin.

Booster pump dihidupkan /on pada saat:

Ø  Pada waktu pesawat take off /landing
ØUntuk menghidupkan jet pump untuk transfer fuel dari auxiliary tank kemain tank.
ØUntuk crossfeed system
ØMenyuplai fuel ke engine apabila EDP (engine driven pump) fail/rusak


 

Gambar fuel booster pump



Check valve

Check  valve   adalah  alat  yang  digunakan untuk membuat aliran fluida hanya mengalir ke satu arah saja atau agar tidak terjadi reversed flow/back flow.

 Check valve adalah alat yang digunakan untuk membuat aliran fluida hanyamengalir ke satu arah saja atau agar tidak terjadi reversed flow/back flow. untukmengalirkan fluida hanya ke satu arah dan mencegah aliran ke arah sebaliknya. tidak menggunakan handel untuk mengatur aliran, tapi menggunakan gravitasi dan tekanan dari aliran fluida itu sendiri. Karenafungsinya yang dapat mencegah aliran balik (backflow) Check Valve sering digunakan sebagai pengaman dari sebuah equipment dalam sistem perpipaan


 
gambar check valve


Fuel filter

Fuel Filter berfungsi untuk menyaring kotoran pada bahan bakar yang akan mengalir ke engine


 
Gambar fuel filter

 

Valve bypass
Fungsi valve bypass adalah valve yang membantu menaikkan pressure ketika aliran dari booster pump menurun/ low pressurenya.
 
gambar bypass valve 



Crossfeed valve 

Singkatnya berfungsi untuk menjaga fuel balance pada pesawat. Crossfeed artinya sebuah engine memakai bahan bakar dari tangki di sayap seberang. Pada pesawat bermesin ganda bahan bakar disupply dari tangki di sayap masing- masing. Karena berbagai hal bisa saja terjadi bahan bakar di tangki menjadi berat sebelah. Untuk menyeimbangkan ini bisa dilakukan crossfeeding, biasanya tangki yang berisi lebih banyak dikonsumsi sampai sayap kiri dan kanan menjadi balance.


 
gambar indikator Crossfeed valve


                                                   
Fuel heater exchanger

Fuel yang telah melewati fuel filter akan melewati komponen fuel heater exchanger yang fungsinya untuk memanaskan fuel agar fuel yang akan disemprotkan oleh nozzle sudah dalam keadaan panas.








Fuel control unit

Fuel yang telah diheater tadi, akan dikontrol oleh komponen yang bernama fuel control unit (FCU) agar fuel yang akan disemprotkan oleh nozzle sesuai ratio pembakaran yang dibutuhkan diruang bakar/ combustion chamber.




Nozzle

Nozzle/ alat penyemprot adalah komponen akhir dari suatu sistem bahan bakar. Yang fungsinya untuk menyemprotkan bahan bakar sehingga berbentuk butiran-butiran bahan bakar yang lembut/ berupa kabut(uap) agar dapat terbakar mudah dengan sempurna.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar