Hallo Semuanya !!!!!
Engine Fuel System
Fungsi dari fuel system secara garis besar berhubungan dengan aspek penyimpanan dan pendistribusian bahan bakar untuk engine dan APU. Sistem ini terdiri dari tangki utama yang ada sebanyak 3 biji, saluran-saluran, sambungan-sambungan beserta komponen-komponen lain yang terkait. Secara lebih rinci sistem ini dibagi menjadi sistem penyimpanan, sistem pembakaran, sistem pendistribusian, dan terakhir sistem indikasi.
Sistem bahan bakar pesawat terbang memungkinkan kru pesawat terbang untuk memompa, mengelola dan menyalurkan bahan bakar ke sistem propulsi pesawat terbang. Sistem bahan bakar pesawat sangat berbeda-beda karena kinerja dari pesawat yang berbeda di mana mereka diinstal. Sebuah pesawat bermesin piston tunggal memiliki sistem bahan bakar yang sederhana. Pesawat tanker (seperti KC-135), selain mengelola bahan bakar sendiri, juga dapat memberikan bahan bakar untuk pesawat lain.
Bahan bakar disalurkan melalui saluran bahan bakar ke katup kontrol bahan bakar (biasanya dikenal sebagai pemilih bahan bakar). Katup ini melayani beberapa fungsi. Fungsi pertama adalah untuk bertindak sebagai shut-off valve bahan bakar. Hal ini diperlukan untuk mengamankan dan mempersiapkan kru dengan sarana khusus untuk mencegah bahan bakar mencapai mesin dalam kasus kebakaran mesin. Fungsi kedua adalah untuk memungkinkan pilot untuk memilih tank feed pengisian mesin. Banyak pesawat memiliki tangki pilihan tangki kiri dan kanan yang tersedia untuk pilot. Beberapa pesawat Cessna hanya menggunakan dari kedua tangki, dan memiliki banyak pilihan untuk menggunakan dari kiri, kanan, atau tangki keduanya. Alasan untuk meninggalkan saja adalah satunya pilihan untuk memungkinkan pilot untuk menyeimbangkan beban bahan bakar untuk mengurangi momen kemiringan. Di beberapa pesawat, fungsi menutup-off adalah katup yang berbeda yang terletak setelah katup pemilih bahan bakar.
Setelah pemilih katup biasanya ada filter-gascolator bahan bakar yang dapat dikeringkan. Poin lainnya adalah drainase di setiap tangki (sering lebih dari satu per tangki) dan pada pompa injeksi.
Setiap tangki vented memungkinkan udara ke dalam tangki untuk mengambil tempat bahan bakar. Sebuah ventilasi juga memungkinkan untuk perubahan tekanan atmosfer dan suhu.
1. Fuel panel
Komponen-komponen
Fuel System pada Pesawat
1. Fuel panel
2. Fuel Booster Pump
3. Check Valve
4. Fuel Filter
5. Bypass Valve
6. Crossfeed Valve
7. Fuel Heat Exchanger
8.
FCU (Fuel Control Unit) / MEC (Main Engine Control)
9.
Fuel Nozzle Spray
Fuel Booster Pump
Fuel Booster Pump
adalah salah satu komponen/objek yang pokok dalam setiapproses pemindahan fluida untuk
disalurkan ke komponen lainnya.
Booster pump berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar dalam keadaanbertekanan positif
sehingga bahan bakar yang akan disalurkan menuju mesinmempunyai tekanan dan laju aliran yang stabil atau teratur. Maka bisa disimpulkan bahwa booster pump mempunyai peranan yang sangat penting untuk kinerja mesin.
Booster pump dihidupkan /on pada saat:
Ø Pada waktu pesawat take off /landing
ØUntuk menghidupkan jet pump untuk transfer fuel dari auxiliary
tank kemain tank.
ØUntuk crossfeed system
ØMenyuplai fuel ke engine apabila EDP (engine driven pump)
fail/rusak
Gambar fuel booster pump
Check valve
Check valve adalah alat yang
digunakan untuk membuat aliran fluida hanya mengalir ke satu arah saja atau
agar tidak terjadi reversed flow/back flow.
Check valve adalah
alat yang digunakan untuk
membuat aliran fluida hanyamengalir ke satu arah saja atau agar tidak terjadi reversed flow/back flow. untukmengalirkan fluida hanya ke satu arah dan mencegah aliran ke arah
sebaliknya. tidak menggunakan handel untuk mengatur aliran, tapi menggunakan gravitasi dan tekanan dari aliran fluida itu
sendiri. Karenafungsinya yang dapat
mencegah aliran balik (backflow) Check Valve sering
digunakan sebagai pengaman
dari sebuah equipment dalam sistem perpipaan
gambar check valve
Fuel filter
Fuel Filter berfungsi untuk menyaring kotoran pada
bahan bakar yang akan mengalir ke engine
Gambar fuel filter
Valve bypass
Fungsi valve bypass adalah valve yang membantu menaikkan
pressure ketika aliran dari booster pump menurun/ low pressurenya.
gambar bypass valve
Crossfeed valve
Singkatnya berfungsi untuk menjaga fuel balance pada
pesawat. Crossfeed artinya sebuah engine memakai bahan bakar dari
tangki di sayap seberang. Pada pesawat bermesin ganda bahan bakar disupply dari
tangki di sayap masing- masing. Karena berbagai hal bisa saja terjadi bahan
bakar di tangki menjadi berat sebelah. Untuk menyeimbangkan ini bisa dilakukan
crossfeeding, biasanya tangki yang berisi lebih banyak dikonsumsi sampai sayap
kiri dan kanan menjadi balance.
gambar indikator Crossfeed valve
Fuel heater exchanger
Fuel yang telah melewati fuel filter akan melewati komponen
fuel heater exchanger yang fungsinya untuk memanaskan fuel agar fuel yang akan
disemprotkan oleh nozzle sudah dalam keadaan panas.
Fuel control unit
Fuel yang telah diheater tadi, akan dikontrol oleh komponen yang
bernama fuel control unit (FCU) agar fuel yang akan disemprotkan oleh nozzle
sesuai ratio pembakaran yang dibutuhkan diruang bakar/ combustion chamber.
Nozzle
Nozzle/ alat penyemprot adalah komponen akhir dari suatu sistem
bahan bakar. Yang fungsinya untuk menyemprotkan bahan bakar sehingga berbentuk
butiran-butiran bahan bakar yang lembut/ berupa kabut(uap) agar dapat terbakar
mudah dengan sempurna.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar